Pemimpin Seperti Apa Yang Anda Cari With Choirul Saleh

PEMIMPIN SEPERTI APA YANG ANDA CARI?! (bagian pertama)

Selama kita bekerja, kita akan selalu punya yang namanya atasan, setinggi apapun level yang sedang kita emban saat ini. Yang sekarang di level Staff bertanggung jawab ke Supervisor (jika ada) atau langsung ke Manager. Yang level Manager bertanggung jawab ke General Manager (jika ada) atau ke Direktur.. sebagian ada juga yang langsung ke Owner.

Para atasan ini ada yang hanya sekedar bos (titel jabatan), ada juga yang benar-benar sudah menjadi pemimpin.

Saya sendiri pernah ngerasain dipimpin dan juga memimpin sebuah tim. Semua memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Yang baik bisa kita ambil dan terapkan, yang kurang baik pun tetap bisa kita ambil sebagai pelajaran, jangan seperti itu, dengan melakukan yang sebaliknya.

Jadi, ketika menjadi pemimpin.. ingin menjadi seperti apa Anda? Ketika Anda bekerja di perusahaan, pemimpin seperti apa yang Anda cari?

1. VISIONER, PUNYA VISI YANG JELAS KE DEPAN
Pernah engga' sich ngalamin punya pemimpin yang visioner? Yang sudah tahu betul kemana harus menuju, target yang harus dikejar, langkah strategis ke depan. Memahami apa yang terbaik untuk perusahaan, untuk karyawan. Dengan begitu timnya, jadi jelas kemana arahnya, apa yang harus dilakukan.

#ceritaHR #berbagiinspirasi

PEMIMPIN SEPERTI APA YANG ANDA CARI?! (bagian kedua)

Selama kita bekerja, kita akan selalu punya yang namanya atasan, setinggi apapun level yang sedang kita emban saat ini.

Jadi, ketika menjadi pemimpin.. ingin menjadi seperti apa Anda? Ketika Anda bekerja di perusahaan, pemimpin seperti apa yang Anda cari?

2. DEVELOPER, MENGEMBANGKAN TIMNYA
Gimana rasanya punya pemimpin yang peduli dengan kita? Menyenangkan bukan.. 😁 bukan hanya sekedar menanyakan gimana kabarnya, sudah makan atau belum, mengkhawatirkan saat kita tumben sekali belum datang (khawatir ada apa-apa di jalan), namun lebih jauh lagi.. mereka yang peduli dengan pertumbuhan Anda, sejauhmana perkembangan Anda, sudah bisa apa saja.. bahkan mempersiapkan Anda kelak untuk jadi suksesornya. Siapa sich yang engga' mau dipromosiin? Hehehe.

Saya beruntung diberi kesempatan belajar banyak mengenai Learning and Development ketika "dilempar" ke departemen lain di bawah satu divisi HRD. Jadi tahu situasi training, evaluasi pelatihan, cara delivery materi.. dsb.

Sedikit banyak belajar mengenai Industrial Relation, tatkala harus menghadapi "karyawan bermasalah".

Jadi.. ketika Anda diberi tugas oleh pimpinan, JUST DO IT! mungkin awalnya engga' enak, namun Anda akan merasakan manfaatnya.

#ceritaHR #berbagiinspirasi #leadership